15 Juni 2009

Farras Sekarang ...

Di usianya yang menginjak 14 bulan ini .. tingkah Farras dah banyak banget .. ada yang bikin bangga , seneng , lucu .. dan gak ketinggalan yang bikin senewen juga ada ... taapppiii .. walo senewen tetep aja ujung ujungnya Bunda tetep bangga ma anak Bunda ini .. Saat ini Farras jalan nya dah lancar mulai dari 13 bulan sih lancarnya, saking dah lancarnya seharian gak bisa diem yang Bunda perhatiin Farras diem cuma pas bobo aja ... selebihnya jalan terooss , bolak balik kamar, keluar masuk rumah , naik kasur jalan di kasur turun kasur ..doh *tepok jidat * ini yang bikin Bunda senewen !! belum lagi minta paksa utk di bukain kulkas trus dengan manisnya duduk sambil acak acak isi kulkas .. kalo gak di turutin .. beeuuhh langsung nangis sekejer kejernya .. teuteup namanya ibu gak tega kalo liat anak nangis, terpaksa mengalah .. di susul dengan senyum kemenangan Farras .. Ritual sebelum tidurnya dah nambah banyak .. awalnya sih cuma gulang guling nyari pe we nya sekarang nambah .. di kamar dah formasi lengkap nih Aybun & Farras .. tiba tiba Farras teriak " Naaa " panggil adek bunda .. yoo wes daripada lama lagi tidurnya di panggillah si tante ini dan ayah ngungsi ke ruangan lain , formasi berubah Bunda, tante & Farras .. dilalah di pikir langsung bisa tidur eeh malah teriak " Aaayyaaahh " ... gubraaks !!, pernah nih suatu hari kita sengaja gak ajak Farras ke kamar sebelum Farras ngantuk banget ... biar puas maennya jadi pas di kamar tinggal bobo ... lagi asik main tiba tiba Farras bilang " boo boo" he he bagai angin segar bagi Aybun yang matanya dah kereyepan .. bobo ya ? yuk .. yuk sambil giring Farras ke kamar .. naik kasur pegang pegang ujung slimut ( kebiasaan Farras nih kalo mo bobo ) pokoknya dah menunjukan tanda tanda mau tidur dech wong matanya aja dah merem melek gitu ...eallah , koq tuh mata bisa jadi bulet lagi ya .. dan dengan tanpa berdosa turun dari kasur trus ngeloyor ke ruang teve.. amppyuunn !! no wonder sih ini mah turunan dari si ayah ..fiiuuhh !! kemampuan bahasanya dah lumayan bertambah banyak .. banyak kosa kata yang kuasai oleh Farras, walopun dalam pengucapannya blom pas at list kita orang sekitarnya ngerti .. kayak gini nih :
  • e'e awwu ji ji artinya ee bau jijik .. hihi maaf ya ...
  • aciih -- makasih ,
  • atetan -- sate padang .. he he Bunda baru realize pas tukang sate padang lewat farras langsung teriak " ateetaan " awalnya sih bunda kira "ada setan"
  • uwi -- duit / uang
  • elli -- beli
  • atel -- gatel
  • Ndaa -- Bunda , finnaly Farras bisa panggil Ndaa .. tapi kadang kadang Farras panggil Buu juga.
  • ceyi -- seri , nama buah kecil lebih kecil dari kelereng kalo dah merah rasanya manis , kalo orang sunda sih bilangnya "buah kersen" Farras seneng banget nih tiap hari pengennya metik sendiri untung ada di tetangga sebelah .. he he
  • ayi -- lari
  • jajan -- jajan , ini mah mbahnya yang ngajarin ..
  • dodon -- motor
  • eyem -- helm

Apa lagi ya .. ?? banyak sih cuma bunda bingung nulisnya .. yang bikin bangga Farras tuh dah bisa ngucapin rangkaian kata / kalimat contohnya begini :

  • Kalo ada yang tanya kemana tante ? saat tante lagi pulang ke rumah mbah Farras bakalan jawab " ga da puulaang "
  • Pas Farras acak acak tas Bunda & nemu dompet pasti uang yang ada di ambil & langsung ngeloyor ke luar sambil bilang " uwi elli umi " artinya duit beli umi ( umi itu tetangga yang punya warung ) he he anak kecil dah tau jajan .. Bunda agak worry juga nih untuk yang satu ini perlu kasih pengertian ke Farras Fungsi dari uang itu sendiri & uang siapa aja yang boleh di pake soalnya Farras dah ngerti uang padahal Bunda gak pernah ngajarin apa lagi ngasih uang , kotorkan ? blakangan bunda tau ternyata yang ngajarin tuh tetangga yang punya warung kalo pas Farras di gendong ma dia biar Farras anteng di kasih main dompet yang ada uangnya .. kesel dech . pernah Bunda kasih uang mainan Farras gak mau .. mungkin ada yang mau sharing ??

untuk masalah makan , so far sih gak masalah ... setiap makan sih pasti habis cuma waktunya aja yang agak lama bisa setengah jam an buat makan aja .. jadi harus telaten nyuapinnya .. nyesel juga sih gak disiplin soal makan ini .. Farras gak bisa makan di tempat jadi harus di gendong atau di ajak jalan baru dech makan ... untuk susu Bunda agak bingung nih semenjak Farras kena Batpil kemarin itu minum susu nya jadi sedikit paling 2 x 120 cc asalnya sih bisa sampe 6 - 8 x 120 cc, sekarang lebih banyak air putih .. apa karna kemarin pas batpil Bunda banyak kasih air putih jadinya Farras lebih suka air putih daripada susu ? atau dah kenyang karna makan ya ? hmm kayaknya harus ada review lagi nih ..

huuaahh ternyata .. lumayan panjang curhatnya nih .. dah ah nanti pada bosen bacanya lagi .. he he

11 komentar:

Desy Noer mengatakan...

Soal ga mo diem,sama nich ma zaheer. tiap waktu jalaaan mulu, seisi rmh ditelusurin, bolak-balik terus karna emang lagi seneng-senengnya dah bs jalan.

Soal mkn jg sama,bisa lama n mesti smbil maen, soalnya usia2 sgini sdng mengenal konsep brmain,jd pngnnya maen trs trmasuk acra makan. Malah zaheer kdng msh suka lepeh2an.

wah, farras pinter, bendhra katanya dah lumayan bnyk.

soal susu, mungkin farras dah bosen bun,dulu zaheer jg prnah sehari minum susunya cm 2x150 ml + Asi. Stlh coba gnti merk dg rasa yg beda dari sblmnya, skrg sehari jd 4x210 ml + Asi. Kalo air pth nya tetep diteruskan kan?

maaf nich bun kepanjangan komentnya, cm brmksud sharing.

MuLYana's FAmiLy mengatakan...

@ Desy Noer : Aku setuju bun .. mungkin Farras sedang mengenal konsep bermain .. jadinya pengennya main terus makannya jadi lupa .. untuk ganti susu boleh juga tuh sarannya , nanti aku coba dech karna selama ini Farras masih pake susu tahap 2 gitu pengennya sih yang dah 1+ ..

Nia mengatakan...

wuahh farras makin pinter aja nechh...udah bisa jajan yaaa...

ina juga makannya suka sambil main sm temen2nya, gpp yg penting makannya banyak, kalo ina kadang aku biasakan makan didalam rumah sambil nonton TV, tp kalo denger suara temen2nya di luar, ina lgsung minta keluar hehehe...

MuLYana's FAmiLy mengatakan...

@ Nia : Pengennya juga gitu mom .. makan di dalam rumah .. cuma susah ya nerapin disiplin .. apalagi ada dua pola pengasuhan yang berbeda .. tapi hal itu gak masalah lah yang penting makannya banyak ..

Diyah kusumaningsih mengatakan...

Faras dah pinter ya...seneng deh baca ceritanya anak2 sekarang lucu2 ada aja ulahnya yg bikin bundanya senewen plus ketawa. Kalo Zalfa krn blm bisa jalan jd dibantu pake baby walker nah kalo dah naik itu lumayan deh dah bisa mejelajah seisi rumah & kalo ketemu meja apa aja yg ada diatasnya di berantakin. Namanya jg anak2 ya mo gimana lg.

Evy mengatakan...

heheh farras mirip zikra, makannya lebih gampang kalo sambil main. ya main di dalem rumah aja sih gak sampe keluar rumah gitu. cuma ya gak bisa duduk diem manis gitu.

pinter nih farras, jalan dah oke, ngomong dah banyak, makan oke walo minum susu jadi berkurang. gpp lah mom, so far so good kan. yang penting sehat selalu ya nak:)

farissa mengatakan...

ga kebayang kalau farissa n farras ketemu..sama2 ga bisa diem..tapi farissa biasanya awal2 jaim dulu..terus mulai dech beraksi..sehat selalu ya sayang.kosa katanya mirip ya apalagi buat uwi= duti, tp kalo fariisa belum ngerti jajan..mudah2an seterusnya dech..he..hee ( ngarep.com)

MuLYana's FAmiLy mengatakan...

@ Diyah : ga pa pa ummi, Farras juga dulu pake baby walker dulu baru bisa jalan .. tetep semangat ya Zalfa ..
@ Evy : Makasih do'anya Bunda
@ Farissa : ha ha kayaknya gak kebayang bun .. rusuh kali ya ..makasih do'anya Bunda

alumongga mengatakan...

Hallo Kak Farras, salam kenal dari Dita. Wah..perbendaharaan kata2 nya udah banyak ya. Selalu sehat ya Kak Farras :-)

entik mengatakan...

hihi.. lucu ya kosakatanya faras..

yenni 'yendoel' mengatakan...

perkembangan kemampuan oralnya termasuk cepat yah! kayaknya memang anak2 cewek lebih cerewet kali yah? bawaan ... putri2ku juga termasuk yg cepat ngomongnya