21 Juli 2010

Farras 27 bulan & "bahasa planet nya" ..

Alhamdulillah .. puji syukur bunda panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat selama ini buat anak bunda tercintah Farras .. semoga terus sehat ya nak ..

27 bulan sudah anak bunda .. he he he gak berasa .. denger celotehan & tingkahnya yang makin hari makin ngegemesin aja ... obat banget buat aybun nya .. seiring dengan meningkatnya keterampilan bahasa nya .. timbul kekhawatiran bunda akan ada bahasa bahasa planet yang tidak di inginkan (baca kasar ) yang Farras ucapkan .. berusaha utk menjaga ... tapi teuteup kebobolan . hadoooh !! nightmare bagi sayah .. gak bisa di pungkiri dan gak bisa di hindari .. ternyata pembatasan pergaulan tidak mampu menghalau bahasa planet itu .. dan akhirnya suatu hari bunda denger dari mulut kecilnya .. kata kata itu .. arrrgghh mau marah rasanya ..

Saat Farras mule bisa bicara dan dapat menirukan kata kata .. bunda dah wanti wanti sama orang rumah utk bisa menjaga perkataan .... alhamdulillah smua bisa di kontrol dan bunda bisa mensterilkan rumah dari bahasa planet itu .. ammaann ?? ternyata tidak .. pertahanan kami bobol .. serangan dari luar lebih kuat .. karna seringnya Farras dengar percakapan anak anak yang setiap sore main bola di depan rumah ... yang notabene menggunakan bahasa planet itu .. menggugah hasrat farras utk melontarkan kata kata dalam bahasa planet itu .. reaksi pertama kami panik se panik paniknya .. yang paling parah si ayah , sampe marah dan membuat Farras hampir saja menangis .. dengan lirih dia bilang " Aku mau APA LUH ayah.. "  ironis memang .. Farras gak ngerti apa yang di ucapkan .. dia hanya mendengar .. dan mencoba mengucapkan .. Aybun memang harus bisa bijak dalam mengatasi masalah ini dan mencari solusi.. utk mensterilkan mulut kecilnya dari bahasa planet itu .. temans ada yang mo share utk masalah ini ..





10 komentar:

Vera mengatakan...

Farras, makin pinter aja deh celotehannya. Lucu ya klo denger batita ngomong

Zulfadhli's Family mengatakan...

Wah gw mah belom pengalaman Mba tentang mensterilkan mulut anak. Soalnya ampe sekarang kan Zahia baru bisa bicara sepatah 2 patah kata.

Semoga Bunda bisa nemuin kiat2nya yah, tar di share biar gw juga jadi tau. Thanks loh sebelomnhya

IbuDzakyFai mengatakan...

farras jangan dimarahin dulu dunk ayah, kasian....dikasih tau dulu ajah karena khan farras cuman ikut2an ajah blum paham apa yang dia ucapkan...

fitrian.net mengatakan...

kontrol dari luar memang susah , tapi asal dirumah dikasih tau pasti bisa kok.

Herien Kriestia mengatakan...

Yups.. betul bun, pengaruh luar itu lebih kuat, dirumah udah di sterilkan, eh datangnya dr arah lain. Saran aku jangan dimarahi dulu farrasnya, dikasih tau baik2, kayaknya seumuran farras udah ngerti diajak ngomong (ini hanya saran loh ya bun) karna aku sendiri juga blm ada pengalaman secara shishil bicaranya msh bahasa bulan. Insya Allah ka farras ngerti koq bun, kan dah sekolah, hehe..

alumongga mengatakan...

Masa golden ages kan emang lagi getol2 nya nyerep apa2 yg dr lingkungan. Ya yg baik dan yg kita anggap gak baik. Kalau saya sih ngasih tahu baik2 ke anak aja scr pelan2. Seiring berjalannya waktu, anak makin dewasa Insya Allah anak makin mengerti. Sun buat kakak Farras dari Dita :-)

Desy Noer mengatakan...

emang agak susah juga yaa menjauhkan si kecil dari ajaran bahasa2 kasar. bisa jadi orang rumah udah bisa menghindari, tapi kan tetep aja dari luar yang pasti aja ada, bahkan banyak dan kuat pengaruhnya.

gak mungkin juga donk kita membatasi pergaulannya pada masa2 bereksplorasinya. lagi seneng2nya maen. kalo aku sich untuk sementara, gak apa2 zaheer mengenal bahkan bisa berkata kasar, selama masih dalam batas2 kewajaran, asal jangan sampe bahasa2 yang jorok.

nanti sudah dewasa pun insyaAllah anak kita akan tau mana yang pantas dan mana yang tidak, asal tetap membiasakan bahasa yang baik pada anak.

yenni 'yendoel' mengatakan...

mungin memperlakukan farras seperti orang dewasa, diajak ngomong atau dikasih tau baik2 kali yah. sambil dijelasin kenapa sebaiknya gak ngomong kayak gitu.

ke2nai mengatakan...

utk bener2 menghindari susah kayaknya mbak, krn kita kan gak mungkin ngurung anak kita terus2an di rumah. Yg kita lakukan adlh serig2 kasih tau bahasa mana yg baik & tidak. Anak2 seumuran Farras itu masih ikut2an, jd dia sebenernya blm ngerti. Kl di marahin malah bingung sendiri.

Sy pernah ngalamin kok mbak. Anak2 sy malah ty, knp mereka dilarang sementara org lain ada yg bicara spt itu? Ya kami jelasin aja alasannya.

Kadang gak cukup sekali, tp memang kitanya gak boleh cape. Boleh juga sih sdkt tegas. Kl sy biasanya suka bilang "bunda gak suka y.. adi kalo d ulang2 terus bunda gak mau nanggepin". Biasanya sih anak2 gak seneng kl di cuekin mbak. Jadi akhirnya mereka berhenti sendiri^^

MuLYana's FAmiLy mengatakan...

@ all : thanks ya buat sharing nya .. Insya Allah Farras bisa .. karna bunda percaya she is a good girl