05 Juli 2010

lepas diapers ..

Alhamdulillah .. Farras dah bener bener bebas diapers .. lumayan budget nya bisa bunda alihin ke tempat lain ..  ^^ , padahal gak ada trik trik khusus buat lepasin ni diapers .. .. masalahnya cuma pipis aja yang kadang gak bisa nahan .. kalo pup sih alhamdulillah dari Farras dah bisa ngomong 'ee' Farras dah bisa pup di tempat semestinya yaitu di toilet .

awalnya gak pernah ada niatan training trainingan buat lepas diapers .. soalnya gak enak ma yang di rumah .. banyak cucian bekas ompolnya Farras .. ngerasa gak enak aja gitu ngasih cucian banyak banyak .. soalnya saya tau mencuci itu pekerjaan yang beeerrraaadd buat saya .. apalagi mesin cuci di rumah lagi rusak .. tehnisi pribadi di rumah aka ayah juga lagi males berat .. jadi tuh mesin cuci di biarkan ngejogrok gitu aja boro boro di cari penyakitnya .. di sentuh aja ngga .. hhmm ..

mule semangat buat toilet training .. pas baca postingan temen yang anaknya 18 bulan dah bebas diapers .. tapi pas baca sharing nya .. koq ya berat banget yaa .. harus bangun di tengah malem / di pas jam jam  nya si anak mo pipis .. piuuhh .. ngeper .. secara saya harus bangun pagi buat kerja .. gak mampu kayaknya kalo harus bangun di tengah malam .. buat ngajak pipis Farras .. , salut juga sih buat mereka yang dah sampe segitunya buat toilet training ..  sampe sampe ada yang pasang weker sgala buat bangunin anaknya pipis .. two thumbs up dech ..

sampe suatu waktu .. pas bunda lagi buang buangin struk struk blanja bulanan di dompet .. wiih lumayan juga ya pengeluaran buat diapers kalo di itung itung ... semangat toilet training mule berkobar lagi .. tapi jadi melempem lagi .. jiper takut si tante manyun karna banyak cucian .. hhmm muter otak .

akhirnya .. tiap sabtu minggu atau hari libur .. kalo siang Bunda gak pernah pakein Farras diapers .. hari biasa / hari kalo Farras bersama si tante tetep make diapers .. jadi pake diapers nya kalo malem aja .. awal awal sih tetep war wer di mana mana .. Bunda bilang .. kalo mo pipis bilang bunda yaa .. Farras kan pinter ... semenjak itu Farras bilang kalo mo pipis tapi dengan kondisi celana dah basah .. teutep aja ngompol ini mah ... tapi lama lama karna sabtu minggu gak pake diapers .. pas hari senin biasanya Farras gak mau pake diapers .. kesempetan nih , ngasih tau ma si tante .. mungkin Farras dah gak betah pake diapers .. di bawa ke kamar mandi aja kalo mo pipis .. yyeess .. berarti waktu buat training Farras nambah 5 hari .. asalnya kan cuma 2 hari aja .. sabtu minggu atau kalo bunda libur aja .. he he he awal 2 sih si tante manyun karna banyak cucian .. tapi lama lama Farras terbiasa pipis di kamar mandi .. dan gak ngompol lagi .. taapppii hal ini belum berlaku di malam hari .. ini karna malesnya bunda buat bangun tengah malem itu ..

Perjuangan belum berakhir .. masih ada PR buat bunda nih .. gak bikin Farras ngompol di malem hari .. searching sana sini .. baca sharingan temen 2 .. akhirnya bunda beraniin diri gak pake in diapers Farras kalo malem .. tentunya di ajak pipis dulu sebelum tidur .. gak semulus yang di duga .. teteup aja Farras ada ngompol nya.. walo dah di pipisin sebelum tidur .. alhamdulillah nya Bunda suka ngeh aja kalo dia ngompol malem tuh jadi bisa buru buru gantiin bajunya yang basah kena ompol .. hhmm kayaknya cara weker mesti di coba nih .. tapi Bunda gak pake weker .. niat aja mo bangun nanti buat ngajak pipis Farras .. pas waktunya .. Farras sih gak rewel ya .. kalo di bangunin buat pipis dia nurut aja .. koq lama 2 bunda kasian .. blum lagi kalo jadinya Farras gak bisa tidur lagi brabe dah .. ini mah emak nya yang bermasalah .. he he he ..

akhirnya . cara lama di pake .. diajak pipis sebelum tidur ...kadang ngompol kadang nggak .. palingan kalo Farras gak ngompol .. paginya kita kasih pujian buat Farras karna gak ngompol tadi malem gini mujinya " FARRAS HEBAT .. GAK NGOMPOL YA .. DAH BESAR SIH " biasanya yang di puji mesem mesem .. dan ternyata .. berhasil berhasil ... sekarang Farras dah gak ngompol lagi  ..HEBAT !!
ternyata memberi pujian pada anak .. bisa berefek dahsyat bagi keuangan kami .. he he he
bye bye diapers 



16 komentar:

Zee mengatakan...

Wah Farras hebad ya, mom..

Aku jadi semangat nih mau belajar lepasin vaya dari diaper klo malam. Dia udah bsa bilang klo mo pup, pipis jg bisa, tp ya itu, udah keluar br bilang, "Pipis.." hehehee...

Pengen coba dulu Sabtu minggu ajarin dia bobok malam tanpa diaper ah... :)

IbuDzakyFai mengatakan...

hebat ya Farras..kalo mau bobo emang baiknya dipipisin dulu sebelum tidur, diulang2 gitu, nanti lama2 farras terbiasa...kalo fai pake pampers pas dirmh sakit ajah baru2 lahir, ma pas mau keluar rumah buat ke dr or jalan2, gak tega pakein dia pampers (sama berat sama mahalnya harga pampers), jadilah since dah bisa diri dah ditatur, dan terbiasa gak ngompol dech,malahan kalo dipakein pampers pas pergi dan ibu lupa pas dia setahunan , pampersnya gak dipipisin gitu kayaknya takut pipis di pampers..

yenni 'yendoel' mengatakan...

selamat yah, farras dah lepas diapers. sebenarnya kasian anak2 pakai diapers sampai gede, soalnya cuaca di indo panas. suka banyak diaper rash. kalo angie malam2 tuh bisa ngomong/bangun sendiri kalo mau pipis. tapi papanya yang gak tenang, suka dipipiskan kira2 jam 12 atau jam 1. jadinya kayaknya lama2 kemampuan bangunnya jadi berkurang kali ya. tapi lama2 dia bisa bablas sampai pagi tanpa pipis. pernah minggu pagi, aku lagi masak bubur. dia ngomong mau pipis, tapi papanya cuek, kirain aku di kamar. tau2 karena dah gak keburu, jadi pipis di tempat tidur. untungnya tempat tidur selalu kami alasin semacam 'perlak' anti tembus di bawah seprei dan tikar. kalo mereka dah gedean 4-5 tahun, biasanya dah bisa bablas sampai pagi, asal sebelum tidur pipis dulu dan gak banyak2 minum. crystal dah 5 thn, kalo kebelet pipis dah bisa kebangun sendiri.

fitrian.net mengatakan...

selamat ya Farras, jadi ngirit dong bunda nya :)

MuLYana's FAmiLy mengatakan...

@ Zee : siip mam .. vaya pasti bisa !!
@ Fitri : iya bu aku juga pengennya begitu .. karna bukan aku sendiri yang ngurus Farras agak gak enak aja kalo gak pake pampers ..
@ Yenni : iya mam aku juga sebenernya kasian .. gimana gak enak sama orang di rumah kalo bentar 2 dia ngompol .. hebat ya angie dah bangun sendiri kalo mo pipis malem .. kalo Farras blum bisa mam ^^
@ Lidya : he he he alhamdulillah .. lumayan buat nambahin yang lain .

Zulfadhli's Family mengatakan...

Waaaahhhh Ka farras hebad!

gw dulu sempet ngajarin Zahia toilet training Mba, tapi encok coz bentar2 pipis bentar2 pipis. Alhasil cuma 3 hari ajah. Ampe sekarang belom lagi. Cuma kalo pup seh Zahia udah suka bilang.

Semoga Zahia bisa cepet lulus toilet training yah kaya Ka Farras supaya budget diapersnya bisa dipake buat yang lain. Amien.

entik mengatakan...

jempol deh buat farras dan bundanya..

ikhsan sejak 1 taon dah lepas diapers. Butuh perjuangan seh, kudu sering2 ngajak ikhsan pipis di toilet dan bangun malam ngajakin pipis.
Itu aja sekarang ikhsan kadang masih ngompol lho. Weh ternyata toilet training butuh waktu luama dan kesabaran ekstra...

alumongga mengatakan...

Wah, Farras pinter nih. Kalau Dita, pipis udah di kamar mandi tp malam kadang ngompol kadang nggak. Nah kalau pup, bilang sih tapi kalau udah keluar. Harus lebih semangat nih.. :-)

MuLYana's FAmiLy mengatakan...

@ Susan : ayoo emak nya lebih smangat biar zahia lulusnya cepet ..Zahia pasti bisa ko bun ..

@ Entik : wah hebat ya ikhsan 1 tahun dah lepas diapers .. emang mbak butuh kesabaran extra ..

@ Bundit : ayoo semangat bun..

mamanayla mengatakan...

Wah....Good Girl....Farras pintar yaa..Syifa 2 tahun baru lepas Diapers bun,malah lebih cepat syifa dari kknya yg 3,5 thn baru lepas...

MuLYana's FAmiLy mengatakan...

@ Mamanayla : he he sama mam farras juga pas 2 tahun bebas diapers .. maklum mang gak pernah niat di training tadinya . makasih dah berkunjung mam

Herien Kriestia mengatakan...

Wah ka farras hebat dah lulus toilet training. Mudah2an dek shishil juga bisa segera lulus toilet training yah nanti. Abis berasa sih bun kalo diitung2 hehehe.. salam kenal ya bunda farras, sebetulnya aku sering mampir sini, tapi baru kali ini berani tinggalkan jejak, hehe..

Kiky - Bunda Azam mengatakan...

bun..alhamdulillah yah farras udah bisa lepas diapers...Azam juga sama semenjak usia azam 20bulan udah aku lepas tuh diapers,awalnya sih emang berat secara neh azam blm ngerti banget kalo mo pipis tapi alhamdulillah butuh ktelatenan dr orang sekitar dan hasilnya hmm skg azam udah ngerti kalo mo pipis tapi ya itu kalo malem masih ngompol heheheee...

MuLYana's FAmiLy mengatakan...

@ Herien : siip semangat bunda .. bener bgt kalo di itung itung lumayan cuma buat diapers aja yang sekali buang :(

@ Kiky : he he ga pa pa Bun .. pelan pelan .. nanti juga gak ngompol lagi kalo malem .. asal di pipisin dulu & gak ada minum susu pengantar tidur .. :)

princessdija mengatakan...

aku juga pingin lepas diapers kayak Kakak Faras....

Diyah.K mengatakan...

Emang saat2 membahagiakan buat emak2 adalah saat si anak lepas diapers coz lumayan ngurangin belanja bulanan hehehe....

Btw Farras top deh dah lepas diapers, mudah2an Zalfa segera menyusul :-)